Senin, 12 Maret 2012

AKUNTANSI " PENGENDALIAN INTERN DAN AKUNTANSI UNTUK KAS"

by: dwi kiki
Pengendalian Intern
            Dalam perusahaan kecil,pemilik perusahaan,pemilik perusahaan dapat melakukan pengawasan atas semua operasi perusahaan pelalui pengawasan langsung dan terlibat langsung dalam operasi perusahaannya.sistem pengendalian intern yang dirancang dengan baik akan dapat mendorong ditetapkanya kebijakan manajemen.prosedur prosedur pengendalian intern berbeda beda antara perusahaan yang satu dengan yang lain dan bergantung pada faktor,seperti sifat operasi dan besarnya perusahaan.
Penetapan tanggung jawab secara jelas
            Dalam menciptakan pengendalian intern yang baik,manajemen harus menetapkan tanggung jawab secara jelas dan tiap orang memiliki tanggung jawab secara jelas dan tiap orang memiliki tanggung jawab untuk tugas yang diberikan.
Penyelenggara pencatatan yang memadai
            Untuk melindungi aktiva dan menjamin bahwa semua karyawan melaksanakan prosedur yang ditetapkan ,diperlukan pencatatan yang baik.untuk menciptakan pengendalian intern yang baik,perusahaan harus merancang formulir secara cermat dengan kebutuhan dan menggunakannya dengan benar.
Pengasuransian kekayaan dan karyawan perusahaan
            Kekayaan perusahaan hrus diasuransikan dengan jumlah pertanggungan yang memadai,demikian pula dengan karyawan yang menangani kas dan surat berharga harus dipertanggungkan.cara mempertanggungkan ialah dengan member polis asuransi atas kerugian akibat pencurian oleh karyawan.
Pemisahan pencatatan dan penyimpanan aktiva
            prinsip pokok pengendakian intern mengisyaratkan bahwa pegawai yang menyimpan atau bertanggung jawab atas aktiva tertentu,tidak diperkenankan mengurusi catatan akuntansi atas aktiva yang bersangkutan.
Pemisahan tanggung jawab atas transaksi yang berkaitan
            Pertanggungjawaban atas transaksi yang berkaitan atau bagian dari transaksi yang berkaitan harus ditetepkan pad orang dan bagian dalam perusahaan,sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang akan diperiksa oleh orang lain.
Pengguna peraltan mekaniks(jika memungkinkan)
            Apabila keadaan memungkinkan,sebaiknya perusahaan menggunaka peralatan mekanis seprti kas,check protector,mesin penghitung catatan waktudan lainnya,kas register yang berpita pencatat terkunci didalamnya akan mencatat semua transaksi penjualanh tunai.
Pelaksanaan pemeriksa secara independen
            Suatu system pengendalian intern telah dirancang dengan baik,penyimpangan tetap mungkin terjadi sepanjang waktu.selain diperiksa oleh pemeriksa intern,perusahaan biasanya diperiksa juga oleh akuntan public yang bertindak sebagai pemeriksa intern.
B.     PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KAS
            Pengendalian intern yang baik terhadap kas memerlukan prosedur yang memadai untuk melindungi penerimaan kas maupun pengluarannya.
Penerimaan kas dari penjualan tunai
            Penerimaan kas yang berasal dari penjualan tunai sebaiknya dilakukan melaui kas register pada saat transaksi penjualan terjadi.seperti yang telah disebutkan.pemegang kas harus dipisahkan dari petugas pencatat transaksi kas.
Penerima kas melaui pos           
            Penerimaan kas melalui pos dapat berwujud cek yang diterima dalam amplop atau berupa pos wesel.
Pengluaran kas
            Pengawasan atas penerimaan kas yang berasal dari penjualan tunai dan penerimaaan kas melaui pos wesel.untuk mengawasi pengluaran kas,maka dilakukan dengan menggunakn cek,kecuali unruk pengluaran yang jumlahnya kecil dapat dilakukan melalui kas kecil.
C.     SISTEM VOUCHER DAN PENGAWASAN
            Dirancang untuk membantu dalam pengawasan terhadap pengluaran kas.apabila perusahaan dengan system voucher ,maka pengawasan terhadap pengeluaran kas dimulai sejak terjadinya kewajiban yang kelak harus dibayar.
Permintaan pembelian
            Sebuah perusaan yang besar ,kepala bagian tidak diizinkan untuk memesan sendiri barang yang diperlukan nya langsung kepada pemasok.
Pesanan pembelian
            Adalah formulir(dokumen) perusahaan yang digumakan oleh bagian pembelian untuk memesan barang dari produsen atau grosir.

Faktur
            Adalah surat yang berisi pernyataan bahwa barang yang tertulis didalamnya telah terjual.
Laporan penerimaan barang
            Pada perusahaan  besar  biasanya dibentuk bagian khusus yang bertugas barang dagang atau aktiva lain yang dibeli perusahaan.pada waktu barang tiba bagian penerima barang bertugas untuk menghitung dan menerimanya dan kemudian dibuatlah laporan penerimaan barang.
Voucher
            Adalah dokumen yang berisi keterangan yang berisikan ringkasan transaksi,tanda telah diperisa dan persutujuan untuk dicatat dan dibayar .
System voucher dan biaya
            Dalam suatu system voucher,kewajiban yang timbul harus mendapati persetujuan agar dapat dicatat sebagai utang pad saat transaksi terjadi.persyaratan biaya harus disetujui dan dicatat pad saat terjadi transaksi.dimaksudkan untuk memastikan bahwa setiap biaya yang dibayar adalah benar benar telah disetujui setelah semua informasi yang diperlukan untuk member informasi yang tersedia.
D.     REKENING GIRO BANK SEBAGAI ALAT PENGAWASAN
            Penyimpanan kas dalam rekening giro adalah merupakan pelaksanaan pengendalian intern,karena bank biasanya menerapkan praktik praktik tertentu yang dapat mengamankan kas.selain itu bank secara periodic memberikan laporan kepada giro mengenai transaksi tyang terjadi secara rinci.
E.     DANA KAS KECIL
            Salah satu prinsip pokok dalam pengawasan terhadap pengeluaran kas ialah bahwa semua pengeluaran kas hendaknya dilakukan dengan menggunakan cek.untuk membentuk kas kecil,perusahaan harus menaksir jumlah kas yang diperlukan untuk suatu jang waktu tertentu,missal untuk keperluan seminggu atau sebualn.
Pembentukan kas kecil
            Hal yang penting dalam membentuk kas kecil adalah penunjukan petugas sebagi pemegang kas kecil selain itu pereusahaan juga harus menetapkan jumlah dana kas kecil.
Pembayaran melalui kas kecil
            Pemegang kas kecil biasanya memiliki kewenangan untuk melakukan pengluaran kas dengan mengunakan uang yang terdapat dalam kas kecil sepanjang tidak bertentangan dengan kebijakan yang telah ditetapkan menejemen.
Pengisian kembali kas kecil
            Apabila uang dikas kecil mencapai dana minimum,maka harus diisi kembali.permintaan pengisian kembali dilakukan olej pemegang kas kas kecil.untuk pemegang kas kecil harus menyiapkan daftar pengeluaran kas kecil yang telah dilakukan dengan dilam-pirl bukti pendukung pengluaran kas keci.
F.      PROSEDUR PENGENDALIAN INTERN LAINYA
            Prosedur pengendalian intern diterapkan pad berbagai kegiatan perusahaan seperti pembelian,penjualan,penerima kas ,penjualan kas dan pengawasan kas terhadap aktiva tetep.
Keuntungan pemakaian metode netto
            Apabila suatu perusahaan menggunakan metode bruto,maka dalam laporan laba rugi laba ,potongan tunai pembelian akan dikurangkan dari saldo rekening pembelian,sehingga dapat ditunjukan harga pokok barang yang dibeli. from: dwi kikhyy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar