Strategi-strategi pembelajaran dapat
diintegrasikan atau digabungkan dalam keseluruhan proses pembelajaran,
sehingga tercipta kegiatan belajar yang lebih bervariasi. Dalam strategi
pembelajaran seorang guru menggunkan beberapa metpde pembelajaran,
macam-macam metode pembelajaran tersebut ialah :
1. berpusat pada anak
Yang dimaksud dengan pembelajaran yang berpusat pada anak adalah :
- kegiatan harus tumbuh dari minat dan keinginan anak
- anak memilih bahan dan memuuskan apa yang ingin di kerjakan
-Anak mengekspresikan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh indranya
-Anak menemukan sebab akibat melalui pengalaman langsung
-Anak mentransformasikan dan menggabungkan bahan-bahan
-Anak menggunakan otot kasarnya
-Anak menceritakan pengalamannya
2.bermain
Kegiatan
bermain ini harus dapat memotivasi anak secara intrinsik, memiliki
pengaruh positif, bukan dikerjakan sambil lalu. Fungsi bermain bagi anak
adalah untuk menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa.untuk
melakukan peran dalam kehidupan nyata.
3. bercerita
Merupakan
salah satu metode yang banyak dipergunakan di TK. Merupakan salah satu
strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak
dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.
4. bernyanyi
Bernyanyi dapat membantu anak untuk mengembangkan daya pikir dan bahasa anak secara lebih menyeluruh.
Melihat uraian diatas maka
starategi pembelajaran yang tepat pada anak usia TK adalah pembelajaran
yang berpusat pada anak karena anak diberi kesempatan untuk membuat
rencana dari kegiatan yang akan mereka lakukan. Anak berhak menentukan
sendiri apa yang akan dipelajarinya. Anak juga dapat bereksplorasi
dengan lingkungannya. Selain itu, metode ini sudah cocok untuk dengan
karakteristik belajar anak. Misalnya, anak belajar melalui bermain, anak
membangun sendiri pengetahuannya ketika anak bereksplorasi dengan are
yang mereka pilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar