Sabtu, 21 Januari 2012

SEHAT DENGAN BAWANG PUTIH (cara mudah untuk sehat)

SEHAT DENGAN BAWANG PUTIH
(by: Dwi Kiki)
 
Banyak orang tidak menyadari bahwa bawang putih yang sering di pakai dalam kehidupan sehari-hari ternyata mempunyai khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Bawang putih kaya akan nutrisi dan mempunyai daya penyembuh yang ampuh. Di Jepang bawang putih digunakan untuk pengobatan kanker leher rahim.
Bawang putih dapat dimasak dengan temperatur rendah atau direndam dengan air matang. Tetapi, bawang putih lebih baik dimakan dalam keadaan masih segar, karena bila dimasak dengan temperatur yang tinggi dapat merusak zat pembasmi bakteri. Karena bawang putih mengandung zat-zat unggul yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hindarilah cara pengolahan yang dapat merusak kadar gizi bawang putih. Bagi orang-orang sehat yang sering menyerap makanan berlemak, cairan bawang putih, dan bawang putih dapat menghambat meningkatnya kolesterol darah yang diakibatkan oleh makanan berlemak. Bawang putih juga dapat membantu menstimulasi sistem imun, khususnya untuk radang pembuluh getah bening, dan dapat menghancurkan sel kanker agar terhindar dari penyakit kanker sebaiknya makanlah bawang putih segar sebanyak 10gr setiap hari. Untuk Anda yang bermasalah dengan lambung dan susah makan, sebaiknya sering-sering memakan bawang putih. Bawang putih akan merangsang lambung, dan menyebabkan penambahan cairan lambung, gerak khusus bertambah aktif dan membuat makanan lebih mudah dicerna. Bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan dinding pada tubuh, karena bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah sehingga jantung menjadi mudah memompa darah ke seluruh tubuh dan temperatur permukaan kulit tetap terjaga hangat. Adapun kadar yang terkandung dalam bawang putih adalah alliin,enzim allinase, diallyl suphide, usaterated aldehides, allicin, disulphides, kalsium, copper, germanium organik, iron, phytoncides, pottasium, phosphorus, selinium, sulfur, zinc, vitamin A, B1, B2, dan C, ceratin, methionine, dll.
Cara mengolah bawang putih:
  • Menyembuhkan disentri: rebus 2butir bawang putih dengan air secukupnya, minumsebelum makan sehari 3x selama 2-3 hari.
  • Menghentikan batuk rejan dan bronkhitis: kupas dan tumbuk bawang putih sebanyak 30gr lalu campur dengan gula pasir dan rendam dengan air, matang selama 5-6 jam. Minum 1sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.
  • Menyembuhkan demam dan influenza: sediakan bawang putih, bawang merah, jahe, dengan takaran masing-masing sama dan tergantung kondisi tubuh. Kemudian seduh dengan air mendidih selama 15menit. Setelah itu buang jahenya, sedangkan bawang merah dan bawang putih serta airnya bisa di makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar